Tips Memulai Startup Untuk Pemula

image source www.fundraising.how

Tips Memulai Startup Untuk Pemula

Banyak di antara kita yang berpikir bahwa memulai sebuah bisnis di awali dengan modal yang besar dan dengan berpikir omzet setinggi-tingginya. Pikiran tersebut tidaklah keliru, tetapi jika hal yang demikian menjadi sebuah kendala, justru itu permasalahannya. Orang bijak berkata, tidak ada hal besar kalau tidak dimulai dengan yang kecil. Mungkin pepetah bijak tersebut ada benarnya juga.

Bagi pemula, awal yang baik untuk memulai sebuah bisnis startup atau yang berlatarbelakang teknologi mungkin menjadi sebuah idaman. Penghasilan yang banyak, karir mapan, serta bisa meraup untung yang sebesar-besarnya. Lihat saja bagaimana suksesknya owner kaskus.com, pemilik Tokopedia,com, atau raja toko online dunia Alibaba Group. Tentunya mereka semua sudah memulainya lebih dulu dari anda, atau bahkan justru andalah yang memulainya terlebih dahulu.

Tentunya, bagi sebagian pemula akan merasa bingung bagaimana cara atau tips memulai startup bisnis itu. Nah..jika hal itu yang mungkin terpikirkan saat ini, maka sangat pas sekali mengunjungi website ini. Kami akan berikan tips nya untuk anda. Berikut tips nya :

Take Action

Apapun planing anda saat ini, sebaiknya langsung lakukan segera. Mengusung konsep yang amat brilian tanpa melakukan action maka kurang sesuai. Melakukan bagian dari bisnis plan anda secara bertahap akan memberikan dampak positif serta pengalaman tersendiri. Dengan adanya action tersebut, maka dalam perjalannya biasanya akan mengetahui kelemahan dan kekurangan bisnis yang anda jalani.

Simple Plan

Janganlah terlalu rumit dulu dalam mengkonsep bisnis startup anda. Biasanya cukup dengan sharing sesama teman, melakukan survei kecil, dan berbagi ilmu dengan yang lainnya akan memberikan dampak atau input positif apa dan bagaimana yang harus anda lakukan. Kerumitan konsep dan grand design bisnis bagi pemula akan membawa dampak yang kurang baik. Ingat, rumit tidak identik dengan detail ya...Jika anda memang dengan karakter detail, maka tidak sebanding lurus dengan rumit. Rumit lebih pada membuat alur menjadi panjang dan berliku.

Anlisa Pasar

Penting bagi anda untuk sekedar menganalisa pangsa pasar yang akan menjadi domain bisnis anda. Riset kecil-kecilan bisa anda lakukan via media sosial, polling dari teman-teman dan lainnya. Ingat, bagaimanapun juga pangsa pasar adalah sebuah prospek untuk mengarah ke closing produk nantinya.

Produk Bersifat yang di Butuhkan

Banyak yang keliru pada analisa sebuah produk. Banyak yang memegang teguh prinsip bahwa jika belum ada produk maka akan sebanding dengan larisnya sebuah produk. Ingin saya jelaskan disini bahwa tiadanya sebuah produk terkadang tidak sebanding lurus dengan larisnya produk. Memang ada peluang di situ, namun demikian peluang tersebut besar atau kecil masih harus di pertimbangkan.

Untuk itu, saya lebih memilih sebuah produk atau jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang, apalagi jika aplikasi atau produk tersebut memang belum ada. Contoh real nya adalah aplikasi ojek online yang memang sangat di butuhkan oleh masyarakat Jakarta pada khususnya. Dengan penambahan inovasi teknologi maka ojek online bisa dengan cepat di terima oleh masyarakat.

Kenali betul kebutuhan masyarakat atau minimal kebutuhan sebuah komunitas dengan ceruk pangsa pasar yang memungkinkan untuk bisa di kembangkan menjadi sebuah prospek yang baik. Sehingga nantinya teknologi startup yang anda banguan akan eksis dan bertahan lama.

Itu saja mungkin artikel Tips Memulai Startup Untuk Pemula, jika memang artikel ini bermanfaat bagi anda, silakan komentar atau share ke sosial media

Terimakasih.
Tips Memulai Startup Untuk Pemula Tips Memulai Startup Untuk Pemula Reviewed by Majalah Startup on 01.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.